ANIS SULISTIYO SW 88

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UNSIKA


Tips Merawat batrei Laptop/Notebook agar awet dan tahan lama, setiap batrei Laptop/Notebook memiliki  umur yang telah di tentukan berdasarkan pengecasan yang di lakukan , walaupun begitu dengan cara  perawatan juga dapat menentukan  usia dari  batrei Laptop/Notebook . Di bawah ini adalah cara perawatan batrei laptop/notebook agar tahan lama dan kapasitas dari batrei tidak mudah berkurang :
  • Lakukan pengisian penuh pada batrei laptop anda biarkan bebebrapa jam setelah penuh (kurang lebih 2 jam ).
  • Pasang batrei setelah pengisian penuh Full charged 100%, batrei tidak perlu di lepas jika suhu CPU dan Hard Disk (HDD) berkisar antara 40°C hingga 50°C, walaupun pengisian sudah penuh energy listrik yang masuk tidak akan mengisi batrei karena teknologi pada batrai saat ini sudah mampu menghentikan pengisian jika sudah penuh.
  • Lepaskan batrei  apabila penggunaan laptop berlebihan dan membutuhkan energy yang maksimal yang membuat suhu CPU dan Hard Disk di atas 60°C dan gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) dan di anjurkan untuk menggunakan pendingin tambahan untuk melindungi hardware,  Tetapi apabila UPS tidak tersedia sebaiknya batrei tidak perlu di lepas untuk menghidari kerusakan perangkat lain seperti Hard Disk, Motherboard, RAM,dll.. akibat pemutusan aliran listrik yang mendadak serta arus tidak stabil.
  • Jika Laptop/Notbook anda tidak di gunakan dalam waktu yang cukup lama , Lepaslah batrei dari Laptop/Notebook  simpanlah batrei pada suhu yang dingin dan kering tetapi sebelum melepas batrei, isi batrei terlebih dahullu hingga penuh dan jangan diamkan terlalu lama.
  • Isi batrei hingga penuh dan lakukan pengisian jika kapasitas batrei telah mendekati 10%.

Gunakan juga software Battery Care untuk mengontrol batrei Laptop/Notebook dan mengecek suhu  CPU dan Hard Disk.

0 komentar:

Posting Komentar