Search Engine Optimazation dalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
bertujuan untuk meningkatkanvolume dan kualitas trafik kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari
SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil
pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya
pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga
semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan
peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan
sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Strategi
Marketing International
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat
seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha
lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan
alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari
merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup
menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil
pencarian dari Google, Yahoo!, Bing,
dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau
setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan
keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:
§ Peluang calon pelanggan mengunjungi
situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada
meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
§ Berada pada peringkat pertama hasil
pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata
pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak
mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan
usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau
samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil
menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi
teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan
beriklan pada mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat
dilakukan melalui Google AdWord. Google
AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau
bayar per klik, artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung,
pemasang iklan akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada
proses lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
sumber: wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar